Dirjen Teguh Apresiasi Dedikasi Tinggi Dukcapil Layani Adminduk Saat Libur Lebaran

Dirjen Teguh Apresiasi Dedikasi Tinggi Dukcapil Layani Adminduk Saat Libur Lebaran

Jakarta - Dedikasi melayani masyarakat tampaknya sudah mendarah-daging bagi jajaran Dinas Dukcapil di Indonesia. Terbukti imbauan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi agar Disdukcapil kabupaten/kota membuka pelayanan adminduk di hari libur cuti lebaran 2023 disambut antusias oleh banyak Dinas Dukcapil daerah.

Sebut saja Disdukcapil Indramayu, Sleman, Surakarta, Madiun, Tabanan dan Parepare membuka layanan mulai pukul 08.30 hingga 12.00. Ada yang membuka pelayanan sepanjang libur cuti lebaran yakni tanggal 19, 20, 21, 24, 25; ada pula yang membuka pelayanan adminduk sebagian dari hari itu. Layanan dibuka untuk semua jenis produk layanan dan prosesnya langsung jadi dan diserahkan kepada pemohon.   

Dirjen Teguh Setyabudi menghargai dedikasi para punggawa Dukcapil yang mau berkorban waktu dan tenaga demi melayani masyarakat. "Dedikasi adalah kunci untuk mendapatkan segala hal yang dicita-citakan. Tidak ada hasil baik yang datang dengan sendirinya atau secara instan, tanpa kerja keras dan ketekunan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya buat teman-teman Dinas Dukcapil  yang sudah menunjukkan dedikasi yang tinggi melayani masyarakat di hari libur lebaran," kata Dirjen Teguh di Jakarta, Senin (26/4/2023).

Sejak jauh hari, Dirjen Teguh sudah memerintahkan kepada Eselon II terkait untuk memberlakukan piket jaga secara bergantian selama 24 jam di Data Center Kalibata dan Medan Merdeka Utara. "Tujuannya tentu saja agar sistem tetap terjaga dan berjalan lancar selama libur lebaran."

Kepala Dinas Dukcapil Parepare Adi Hidayah Saputra mengatakan setiap hari ada personel yang ditugaskan sebanyak 10 orang untuk melayani permohonan masyarakat selama 3 jam mulai pukul 9.00 sampai pukul 12.00 Wita.

Menurut Adi, momen mudik Lebaran justru menjadi salah satu alasan layanan Disdukcapil Parepare tetap dibuka. Pasalnya para pemudik memanfaatkan momen Lebaran untuk mengurus sejumlah dokumen.

"Khususnya bagi mereka yang baru mudik di momentum Lebaran tentu banyak yang membutuhkan layanan kependudukan," jelasnya.

Layanan Adminduk Anti Prei juga diberlakukan di Disdukcapil Kota Madiun. Menurut Kadis Agus Triono, layanan diadakan setiap tahun mengingat ada banyak warga asal Kota Madiun yang mudik dan tidak menutup kemungkinan mereka membutuhkan layanan adminduk dari Dukcapil. "Selain itu pelayanan juga langsung jadi pada hari yang sama. Sehingga bagi warga Kota Madiun yang sedang mudik bisa mendapatkan dokumen adminduk yang diperlukan dengan cepat," kata dia.

Demikian juga Kadis Dukcapil Tabanan I GA Rai Dwipayana menyebutkan, cetak kartu keluarga (KK) menjadi dokumen kependudukan yang paling banyak diurus warga dalam saat cuti bersama Lebaran. "Cetak KK yang paling banyak permohonannya. Jumlahnya ada 45 permohonan," ujarnya Senin (24/4/2023).

Selain cetak KK, ada juga beberapa dokumen kependudukan lain yang dimohonkan. Di antaranya, perekaman KTP elektronik atau KTP-el sebanyak 14 permohonan. Sedangkan pencetakannya sebanyak 21 permohonan.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian sudah meminta seluruh komponen Kemendagri agar dapat memastikan kegiatan pelayanan publik selama libur cuti lebaran berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih menjelang Pemilu 2024, kepada Ditjen Dukcapil agar memastikan setiap penduduk usia 17 tahun atau sudah pernah kawin dapat memiliki identitas kependudukan, yakni perekaman KTP-el bagi pemilih pemula maupun KTP digital. Dukcapil***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama