Dirjen Teguh: Dukcapil Jaga Kelancaran Sistem Data Center Selama Libur Lebaran

Dirjen Teguh: Dukcapil Jaga Kelancaran Sistem Data Center Selama Libur Lebaran

Jakarta - Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri PAN-RB menetapkan cuti bersama lebaran tahun 2023 mulai tanggal 19-25 April 2023. Namun, di tengah sebagian besar ASN memilih mudik ke kampung halaman, ada pegawai Ditjen Dukcapil yang rela menjalankan piket jaga.

Piket jaga dilakukan secara bergantian selama 24 jam di Data Center Kalibata dan Medan Merdeka Utara, dengan tujuan menjaga sistem tetap berjalan lancar selama libur lebaran.

Apalagi banyak info dari Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang masih membuka pelayanan dokumen kependudukan di kantor dinas, pelayanan jemput bola ke masyarakat, dan menyediakan layanan online.

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengatakan, pelayanan publik khususnya layanan adminduk meski terus berjalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Untuk itu kami perlu memastikan sistem di data center berjalan lancar selama 24 jam di libur lebaran kemarin,” kata Dirjen Teguh di kantor Ditjen Dukcapil Pasar Minggu, Jakarta, Senin (26/4/2023).

Meski suasananya libur lebaran, tapi tidak menyurutkan semangat dari jajaran Dukcapil kabupaten/kota untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. "Layanan di hari libur adalah bentuk komitmen dari pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat untuk melayani. Untuk itu, teman-teman Dukcapil kabupaten/kota tetap semangat karena ketika libur panjang ada sebagian besar masyarakat sangat membutuhkan dokumen kependudukan,” kata Dirjen Teguh.


Direktur PIAK Erikson P Manihuruk pun memastikan semua sistem dan infrastruktur layanan adminduk berjalan dengan baik, saat dilakukan pengecekan pada Rabu (19/4/2023) di Data Center Dukcapil.

“Pada saat dilakukan pengecekan oleh tim piket jaga data center, tidak ditemukan kendala atau permasalahan pada sistem yang berjalan," jelas Erik.

Untuk mengantisipasi kejadian mati listrik juga Erik pun sudah menyiapkan skenarionya. "Begitupun ketika ada kegiatan maintenance sistem akan disesuaikan waktunya agar tidak mengganggu pelayanan," kata Erik tuntas. Dukcapil***




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama